Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue

 

Pencegahan penyakit demam berdarah  

Pencegahaan Demam berdarahKata kata bijak  tentang mencegah lebih baik dari pada menngobati sungguh benar adanya, Pencegahan demam berdarah atau Pencegahan demam berdarah dengue dengan langkah yang paling efektif  adalah sedapat mungkin mengontrol keberadaan dan menghindari nyamuk pembawa virus dengue. Pengendalian nyamuk tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yang tepat

 1. LINGKUNGAN 

Di negeri kita indonesia,  masyarakat lebih mengenal dengan istilah 3M (Menguras,Menutup Mengubur),  

 1.1. Menguras

Wadah air yang bisa dikuras antara lain bak mandi, bak WC, Vas Bunga, Perangkap Semut, Tempat minum burung dsb. Cara menguras yang baik adalah dengan menyikat  atau menggosok rata dinding bagian dalam tandon air, mendatar maupun naik turun. Maksudnya agar telur nyamuk yang menempel dapat lepas dan tidak menetas jentik.

1.2  Menutup

   Ada 2 jenis menutup tandon air agar tidak dipakai nyamuk berkembang biak

1.2.1 Menutup wadah dengan rapat agar air yang disimpan tidak ada jentiknya. Jenis wadah ini antara lain : gentong, padasan, drum, reservoar, emberisasi dsb

1.2.2  Menutup wadah agar tidak terisi air . Misalnya tonggak bambu dapat ditutup dengan pasir atau tanah sampai penuh. Sedangkan untuk ban, aki dan semisalnya,  dapat ditutupi dengan plastik agar tidak kemasukan air atau dimasukkan karung agar tidak tersentuh nyamuk.

 1.3 . Mengubur

Barang-barang bekas yang dapat menampung air dan tidak akan dimanfaatkan lagi sebaiknya disingkirkan yang mudah adalah dengan mengubur ke dalam tanah. Contoh barang bekas yang perlu dikubur : gelas, ember, piring pecah, kaleng dan semisalnya.

Perlu juga untuk di ingatkan bersama  bahwa tindakan pencegahaan haruslah terus menerus konsisiten dan berkesinambungan,  hal ini dapat dilakukan di sele-sela rutinitas sehari-hari yang mana manfaat yang bisa di ambil  bukan saja pada penyakit demam berdarah itu sendiri akan tetapi bisa mencegah penyakit-penyakit lain yang tidak kita kehendaki bersama.. Pengendalian nyamuk juga  dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yang tepat

 2. BIOLOGIS

Di alam bebas sebenarnya nyamuk aedes aegypti mempunyai musuh alam atau predatornya, seperti  jenis ikan pemakan jentik. Yang seperti ini dapat juga dijadikan sebagai  salah satu faktor sebab pencegah demam berdarah.

 

3. BAHAN KIMIAWI

Bahan kimia yang digunakan sesuai apa  yang  di refrerensikan dan instruksikan oleh  pemerintah.hal ini agar pengunananya dapat awasi dan di kontrol seperti pengasapan (fogging) dapat membunuh nyamuk dewasa, sedangkan pemberian bubuk abate pada tempat-tempat penampungan air dapat membunuh jentik-jentik nyamuk..

Hal ini perlu tenaga konsultan atau semisalnya agar pemakain tepat guna dan bersahabat dengan lingkungan, Selain itu oleh karena nyamuk Aedes aktif di siang hari beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan adalah menggunakan senyawa anti nyamuk merk pabrikan yang banyak di jumpai di tingkat retail (warung dan toko serba ada)

 Demikianlah sekapur sirih yang bisa kami himpun , semoga bermafaat  

Artikel terkait

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
Penyakit Demam Berdarah Dengue
Pilihan Bahasa