Penyakit Sakit Malaria

 

Penyakit Malaria

Sebagaian besar dari kita sudah mendengar malaria, atau  sakit Malaria adalah  penyakit yang disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium yang  ummunya ditularkan oleh nyamuk dari jenis anopheles yang tertular

Kata Malaria berasal dari bahasa Italia “Mala Aria” yang berarti dalam bahasa inggrisnya “Bad Air”  atau dalam bahasa Indonesia “udara yang buruk”. Penyakit ini pernah juga disebut penyakit demam rawa. Penyakit malaria pernah mewabah di hampiri pelosok dunia ini. walaupun saat ini penyakit ini sudah berkurang ditemukan di belahan dunia tersebut, dikarenakan oleh perubahan geografi yang telah menyingkirkan rawa rawa tempat sebagian besar nyamuk penyebar malaria tinggal dan berkembang biak.

Mengenal Wabah ini

Para peneliti  memperkirakan  pada dasarkan bukti-bukti yang di paparkan  bahwa penyakit malaria pada manusia saat ini kemungkinan besarnaa berasal dari familia kera  mamalia orang utan  gorila.Parasit malaria yang ditemukan di hewan tersebut  ada kemiripan dengan parasit malaria yang ditemukan pada manusia.

Juga  para ahli selama lebih dari 50.000 tahun yang manusia telah diinfeksi oleh Penyakit malaria. Menurut rekaman sejarah demam periodik penyakit malaria telah ditemukan pada tahun 2700 SM di China dan kekaisaran Romawi, dan  rekaman sejarah abad 19 mencatat bahwa pada perang pasifik diperkirakan sekitar 500.000 tentara AS terinfeksi, dimana 60.000 diantaranya terbunuh karenanya.

Diperkirakan oleh para ahli selama lebih dari 50.000 tahun manusia telah diinfeksi oleh Penyakit malaria. Menurut rekaman sejarah demam akut telah ditemukan pada tahun 2700 SM di China dan kekaisaran

Romawi, dan  rekaman sejarah abad 19 mencatat bahwa pada perang pasifik diperkirakan sekitar 500.000 tentara AS terinfeksi,  dimana 60.000 diantaranya terbunuh karenanya.

Penyebab nya

Nyamuk yang menjadi penyebar dari parasit ini adalah nyamuk Anopheles betina, yang mana nyamuk ini menjadi terinfeksi sebelumnya dengan menggigit orang yang telah terinfeksi oleh parasit plasmodium. Nyamuk ini akan membawa parasit ini dalam tubuhnya selama satu minggu sampai waktu makan selanjutnya, nyamuk tersebut akan menggigit orang lain sekaligus menyuntikan parasit plasmodium kedalam darah orang lain. 

Malaria adalah suatu penyakit akut dan bisa menjadi kronik, disebabkan protozoa yang hidup intra sel, genus plasmodium. Transmisi malaria berlangsung di lebih dari seratus negara di benua Afrika, Asia Oceania, Amerika Latin, Kepulauan Karibia, dan Turki. Kira-kira 1,6 miliard penduduk di daerah ini selalu berada dalam risiko terkena malaria. Sebagian besar yang meninggal adalah bayi dan anak-anak. Plasmodium malariae dan Plasmodium falciparum terbanyak di negara berkembang . Malaria telah diberantas di negeri-negeri seperti Eropa, Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Australia, dan lain-lain negeri yang sudah maju atau berkembang.

Sindrom ini masih merupakan masalah kesehatan masyarakat yang penting di Indonesia. Di daerah transmigrasi dan daerah lain yang didatangi penduduk baru dari daerah non-endemik, sering terjadi letusan atau wabah yang menimbulkan banyak kematian. Lebih dari setengah penduduk Indonesia masih hidup di daerah dimana terjadi penularan malaria, sehingga sangat besar berisiko tertular malaria.

 Gejala Penyakit Malaria

Gejala malaria berbeda-beda tergantung jenis malaria yang menyerang dan jangka waktu dari dari sejak serangan pertama. Malaria bisa meninfeksi penderitanya selama bertahun-tahun dengan gejala yang berbeda- beda. Tapi secara garis besar gejalanya dapat di temukan tanda gejala  sebagai berikut:

Deman tinggi, Badan  terasah maikin lemah, nyeri bagian hulu hati, hilangnya nafsu makan, nyeri tulang dan sendi dan sering flu

 Pencegahaan 

Pencegahan penyakit ini adalah dengan menghindari dari gigitan nyamuk anopheles perlakuan bisa dilakukan hampir sama dengan pencegahaan demam berdarah  untuk lengkapnya bisa di lihat si cara pencegahaan demam berdarah dengue

Pengobatan 

Secara medis kedokteran, hingga saat ini belum ditemukan serum atau vaksin yang terbukti  dapat menuntaskan panyakit akut ini. akan tetapi nenek moyang bangsa indonesia telah lama mengembangkan ramuan herbal yang diracik sedemikian rupa. . anda bisa dapat temukan di penelusuran web ini 

Kesimpulan

Dalam meminimailisasi  pemyakit akut ini  peran keluarga dibutuhkan. faktor lingkungan fisik juga harus benar-benar diberhatikan. Terutama dalam lingkungan tempat tinggal sekitar, kebersihan dan kesehatan lingkungan harus dijaga.

Cara pencegahan malaria dalam lingkungan keluarga dapat dilakukan dengan, menghindari atau mengurangi kontak gigitan nyamuk Anopheles dengan menggunakan pemakaian kelambu, penjaringan rumah, repelon, obat nyamuk, dan lain-lain.

mengentaskan  nyamuk dewasa dengan menggunakan berbagai insektisida, membunuh jentik , baik secara kimiawi  maupun biologik . segera mengobati penderita malaria jika sudah ada anggota keluarga yang terkena malaria. 

Demikianlah sekelumit tentang penyakit sakit malaria yang bisa di paparkan, semoga bermanfaat

 Artikel terkait

 
 
 
 
 
 
 
 
 
Penyakit Demam Berdarah Dengue
Pilihan Bahasa